Mitos dan Larangan saat Hamil: Benar Atau cuman Mitos

by - Agustus 01, 2022

Halo semuanya, apa kabar? Semoga semua sehat-sehat ya. Kali ini aku ingin bahas mengenai mitos dan larangan saat hamil yang aku dengar selama masa kehamilan aku. Disclaimer lebih dulu, ini buat seru-seruan aja ya, soal percaya dan enggak percayanya kembali ke masing-masing individu aja.

1. Ibu hamil makan buat dua orang

Hal ini yang paling sering aku dengar pas hamil. Tapi kalau kata dokter kandungan aku sih hamil bukan berarti boleh makan apa aja dan sebanyak-banyaknya. Komposisi makannya harus diperhatikan biar gizinya cukup untuk tumbuh kembang janin di dalam perut. Berat badan naik terlalu banyak juga kurang bagus karena takutnya nanti terjadi komplikasi atau resiko kesehatan.


2. Tidak boleh pindahan / renovasi rumah saat sedang hamil

Mitos yang satu ini kalau dipikir-pikir benar juga sih, karena pindah tempat tinggal sangat menguras tenaga dan bikin banyak pikiran. Sedangkan ibu hamil enggak boleh terlalu capek dan stress.

Tidak renovasi rumah saat sedang hamil juga mungkin ada benarnya. Bunyi alat-alat berat untuk renovasi rumah sangat keras, dan memikirkan kapan renovasinya kelar,bisa menganggu ketenangan bumil.


3. Dilarang membunuh hewan

Ada yang bilang kalau saat hamil dilarang membunuh hewan apapun termasuk serangga seperti nyamuk ataupun kecoak, karena nanti bisa mengakibatkan janin sakit. 

Menurut aku, hal ini mungkin ada benarnya juga. Kalau bunuh nyamuk pakai semprotan anti serangga, takutnya terhirup oleh ibu hamil. Padahal bisa jadi bahaya buat janin. Atau kalau bunuh kecoak dan serangga lainnya pakai sandal pun, takutnya terpapar bakteri jahat yang bisa membahayakan buat kesehatan ibu dan janin. 

4. Tidak boleh memindahkan furniture berat seperti sofa, kasur, lemari

Kalau yang satu ini menurut aku benar karena ibu hamil tidak diperbolehkan mengangkat barang berat. Takutnya nanti terjadi komplikasi kehamilan. Lebih baik kalau mau geser-geser funirture ataupun barang berat minta tolong suami / orang lain aja ya.


5. Tidak boleh makan makanan mentah

Banyak yang bilang kalau ibu hamil enggak boleh makan makanan yang belom matang, seperti telor setengah matang, sashimi, dan lainnya. Kalau hal yang ini udah terbukti secara medis jadi sebaiknya memang hindari mengkonsumsi makanan mentah ya.


6. Minum air es bikin janin jadi gendut

Sering dengar gak sih kalau ibu hamil sebaiknya jangan sering-sering minum air es karena takut nanti bayinya gendut / besar sehingga susah lahiran normal? Kalau kata dokter kandungan aku, minum air es gapapa, tapi enggak yang manis-manis. Yang bahaya justru kalau minum minuman manis terlalu banyak, bisa bikin bayinya jadi gendut / besar dan meningkatkan resiko komplikasi kehamilan.


7. Minum air kelapa saat hamil biar kulit anaknya bersih

Kalau yang ini bingung juga sih ya benar enggaknya.. haha. Kalau googling banyakan bilang itu cuman mitos, karena belom ada studi yang bisa buktiin hal itu benar. Cuman aku pribadi cukup rutin minum air kelapa seminggu 1-2x, dibatasi sebanyak 1 gelas minum selama kehamilan ini. Pikiran aku minum kelapa selain bisa mencegah dehirasi, rasanya juga enak menyegarkan,.

Oh ya, air kelapanya air kelapa murni yang masih dari batok ya, biar benar murni, fresh, tanpa tambahan gula, pengawet, atau tambahan kimia lainnya.


8. Makan kacang hijau biar rambut anaknya lebat

Banyak yang bilang ke aku banyak makan kacang hijau biar rambut anaknya lebat. Tapi kalau berdasarkan ilmu pengetahuan, lebat enggak lebatnya rambut dedek bayi tergantung faktor genetik dari orang tuanya sih.

Pribadi aku cukup rutin mengkonsumsi kacang hijau seminggu 1-2x pas hamil trimester tiga, dengan pemikiran kacang hijau sehat, banyak asam folat, dan bikin kenyang lumayan lama. Maklum, trimester tiga ini lebih cepat terasa laparnya daripada trimester satu dan dua. haha.


9. Makan nanas saat hamil bisa bikin keguguran

Ada beberapa kenalan aku yang bilang jangan makan nanas pas lagi hamil. Tapi pas konsultasi sama dokter kandungan, katanya sih gapapa selama porsi makan buah nanasnya masih normal, satu piring kecil gitu. Tapi ya kalau yang kepikiran banget mungkin sebaiknya hindari aja ya, daripada kepikiran banget ntar jadi stress sendiri.


10. Bentuk Perut

Kalau hamil bayi laki-laki perut ibu hamil tampak lebih condong maju ke depan, kalau hamil bayi perempuan perut ibu tampak lebih melebar di perut bawah. Kalau dipikir-pikir jaman sekarang kalau mau lebih pasti USG aja. Tapi seru juga sih buat tebak-tebakan orang sekitar yang belum tau hasil USG dedek bayi. haha.

Oh ya, kalau dengar penjelasan dokter hal ini enggak ngaruh ya, soalnya perut ibu bakal keliatan berbeda tergantung posisi dedek bayi di perut.


11. Ngidam makanan tertentu

Kalau sering ngidam makan makanan manis, katanya berarti hamil bayi perempuan. Sedangkan kalau ngidamnya kebanyakan makanan asin, katanya berarti hamil bayi laki-laki

Pribadi aku hamil ini ngidamnya campur-campur makanan asin dan manis, jadi pada susah nebak. haha. Walau enggak bisa dipikirkan secara logis, tapi seru juga sih ya melihat orang-orang sekeliling kita tebak-tebakan dedek bayinya laki-laki atau perempuan. haha.


12. Perubahan kulit

Katanya sih kalau hamil anak laki-laki, kulit ibunya jadi terlihat lebih kusam. Kalau hamil anak perempuan, mamanya terlihat lebih glowing dan jadi lebih rajin dandan. Tapi sebenarnya kalau dipikir-pikir itu kan perubahan hormon ya. haha. 

Pas trimester satu, kulit aku lebih kusam, males dandan banget. Gimana gak males dandan, mau makan aja susah karena mual melulu. haha. Menginjak trimester dua, kulit jadi lebih glowing (tapi kan jadi rajin makan sayur dan makanan sehat lainnya demi tumbuh kembang janin) jadi kayaknya  hal ini kurang bisa jadi patokan ya.

Hal-hal di atas merupakan mitos dan larangan yang aku dengar dari sekeliling aku. Ada mitos atau larangan apalagi nih yang beredar di sekeliling kamu? Coba sharing di kolom comments ya buat seru-seruan.

You May Also Like

0 komentar