Magnolia Bouquet Dried Flower Card Workshop

by - April 03, 2018

Hai semuanya! Beberapa saat lalu aku mengikuti workshop dari Magnolia Bouquet untuk pembuatan dried flower cardWorkshop ini diadakan di tempat Magnolia sendiri, yaitu Magnolia Floral Tea house yang berada di kawasan Gading Serpong, Tangerang. Tempatnya lucu banget. (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧

image dari ig Magnolia Floral Tea House
Ownernya sendiri yang langsung ngajarin workshop ini, dan enggak pelit ilmu sama sekali. Dia sharing ilmu cara mengeringkan bunganya juga loh. Jadi ternyata bagian yang paling perlu diperhatikan buat mengeringkan bunga adalah tingkat kelembaban ruangan dan mengeringkan kandungan air dalam bunga.  Buat mengeringkan bunga ada beberapa teknik:

1. Teknik menggantung bunga secara terbalik
Ujung tangkai bunga diikat, digantung terbalik, dan diberi jarak secukupnya sehingga antara kelopak bunga yang satu dengan bunga lainnya tidak bersentuhan agar tidak merusak kelopak bunga satu sama lain. 

image dari www.cityflowers.co.in/

2. Dengan bantuan silica gel 
Mengeringkan bunga juga bisa dengan silica gel, tetapi silica gel-nya berbeda dari yang biasanya berukuran agak besar dan berada di dalam tas ataupun kotak sepatu. Silica gel yang digunakan butirannya lebih halus, mirip butiran gula. Untuk silica gel ini sendiri, harga silicanya tergolong mahal dan susah dicari di Indonesia. Magnolia  menjual silica gel ini dengan harga IDR 500.000,- per kilogram nya.

Untuk mengeringkan bunga dengan bantuan silica gel ini, kita memerlukan container / kotak yang kedap air dan kedap udara (pakai kotak lock and lock juga bisa) dan memastikan semua bagian bunga yang ingin dikeringkan tertutup dengan silica gel, lalu ditutup rapat, dan biarkan selama 2 minggu atau lebih supaya bunganya benar-benar kering.

image asli dari http://www.abrideonabudget.com/

3. Dengan teknik press
Untuk teknik press ini sebenarnya sudah ada mesin pressnya sendiri, namun kalau mau coba versi hematnya, bisa dengan diselipkan antara kertas, dan ditimpa dengan buku tebal. Biarkan selama 2-3 minggu. Poin minus dari teknik ini, kita tidak mengetahui hasil akhir bunganya akan seperti apa

image dari http://wedding.allwomenstalk.com/

4. Dengan obat khusus
Magnolia menggunakan obat khusus untuk mengeringkan bunga. Makanya hasil bunga kering di Magnolia bisa berbeda dengan bunga kering yang berada di pasaran. Bunga di Magnolia bunga keringnya warnanya masih stay, enggak cokelat smua.  Dan untuk masing-masing bunga, obat yang digunakan berbeda, dan karena waktu workshopnya terbatas, jadi soal obat ini belum bisa dibahas lebih lanjut.

buket bunga kering dari Magnolia. image dari ig magnolia_bouquet
buket bunga kering dari Magnolia. image dari ig magnolia_bouquet
Yang didapat dari workshop
Di workshop ini aku dapatin 2 kartu, jadi bisa untuk 2 flower card. Yang satu kertasnya lebih tebal, mirip kertas water color / royal sundance menurutku, dengan tulisan Happy Birthday (ada text lain untuk greetings lainnya). Yang satu lagi pakai art carton yang di print, bisa dicustom sesukamu.

Tips paling penting saat merangkai bunga ini adalah memikirkan warna tema bunga yang ingin dibuat, lalu selebihnya menggunakan selera taste masing-masing saat merangkai bunga. Untuk merekatkan tangkai-tangkai bunganya menggunakan selotip bunga kertas berwarna hijau. Pas disentuh langsung dengan tangan, selotip ini enggak terasa lengket sama sekali, tetapi pas tempelin ini ke tangkai bunga dan sedikit ditekan-tekan, ternyata lem bunga ini berfungsi dengan baik.  ≧◡≦

Hasil karyaku dari workshop Magnolia ini
Mengingat harga jual kartu ucapan Magnolia IDR 100.000,- per card, workshop ini menurut aku worth it banget sih. Bawa pulang 2 kartu custom buatan sendiri (ada kepuasan tersendiri kalau buatan sendiri buat aku daripada beli custom buatan orang lain), bisa nyicipin teh Magnolia yang enak, dapat ilmu, dan bisa poto centil juga di sana

salah satu teh dari bunga di Magnolia
me and my friends
Sesuai namanya, Magnolia Floral Tea House, mereka juga menjual teh dari bunga yang dikeringkan. Per tea bag nya dijual IDR 15.000,-. Memang mahal untuk teh, tapi tehnya enak banget. Mereka juga jual bunga kering di sana buat kamu yang mau coba buat bikin bunga kering kamu sendiri di rumah. Tempat ini sangat recommended buat penggemar teh dan bunga.

Buat yang tertarik buat beli teh / bouquet bunga kering / ikut workshop / beli gift bunga lainnya, bisa cek lebih lengkapnya di:
website: http://magnoliadriedflower.com/
Location: Ruko Sentra Gading SG 2 No 5, Jalan Kelapa Gading Selatan Raya, Pakulonan Barat, Kelapa Dua. (komplek ruko dekat Summarecon Mal Serpong)

Disclaimer:
All my opinion above are based on my personal experience.

You May Also Like

0 komentar