Pengalaman Belanja Sayur Online di Segari - Review

by - Agustus 14, 2021

Sebelum varian delta ada di tengah pandemi COVID-19 ini dan ramai dibicarakan di Indonesia, aku masih sering pergi belanja bahan makanan langsung ke supermarket ataupun pasar. Walaupun begitu, aku selalu pergi pas jam sepi supermarket dan belanja se-cashless mungkin biar meminimalisir kemungkinan kontak dengan orang lain.

Tapi adanya varian delta ini bikin aku jadi lebih parno buat belanja bahan makanan secara langsung. Akhirnya aku mencoba belanja bahan makanan secara online dari e-commerce. Buat daging beku, buah segar, ataupun bahan-bahan sembako seperti minyak, gula beras, aku enggak mengalami kesulitan buat mencarinya di area tempat tinggalku di Tangerang. Tapi buat sayur, kadang masih kurang klik di hati.

Direkomendasikan sama tetangga, akhirnya aku cobain belanja sayur di Segari. Pertama kali coba, sayurnya bagus. Belanja kedua kalinya, ternyata sayurnya juga tetap bagus. Padahal aku pas lagi belanja sayur biasa (non-organik) semua. Karena senang dengan sayur dan pelayanannya Segari, aku tulis reviewnya di post ini deh. Siapa tau ada yang lagi susah belanja sayur online untuk area Jadetabek, terutama Tangerang.


Ada beberapa alasan yang buat aku senang belanja di Segari sejauh ini, antara lain:

1. Belanja bisa dari Web Browser HP maupun Laptop
Aku senang banget sih bisa belanja online dari web browser di hp (aku pakai chrome) dengan tampilan UI (User Interface) yang cukup bersahabat, sehingga mudah digunakan. Hal ini membantu buat aku yang malas install banyak aplikasi di hp.

2. Gratis Ongkir
Saat aku belanja di Segari lagi ada layanan gratis ongkir dengan minimum pembelian IDR 50.000,-. Lumayan banget kan ya gratis ongkir, dan minimum pembeliannya juga masih oke buat dapatin program gratis ongkirnya.

Tapi ternyata pas aku lagi menulis draft blog ini (11 Agustus 2021) ternyata lagi gratis ongkir tanpa minimum pembelian. Aku iseng coba add to cart belanja bayam IDR 3.500,- pun dapat gratis ongkir dong. Makin asik nih Segari.

Update 5 September 2021: Ternyata walau tertera gratis, tapi kalau tidak mencapai minimal order (sepertinya IDR 50.000,-) Segari tidak bisa memproses orderan kita.


3. Ada berbagai macam sayur biasa, organik, dan hidroponik
Menurut aku pilihan sayur biasa, organik, dan hidroponik ini membantu orang yang belanja sayur di Segari jadi lebih punya pilihan, sehingga bisa pilih sesuai dengan keinginan. Aku senang dengan hal ini karena aku tipe yang beli sayur kadang campur-campur antara sayur biasa, organik dan hidroponik.


4. Harga sayurnya bersaing dan dikemas rapi
Harga sayur Segari menurut aku termasuk bersaing, karena harganya mirip-mirip dengan harga sayur yang aku beli di pasar atau supermarket. Bahkan kadang bisa lebih murah kalau lagi ada promo dari Segari. Selain itu, sayurnya juga dikemas rapi.


5. Garansi Kualitas
Kalau ada belanjaan yang tidak sesuai dengan komitmen Segari seperti busuk, dan keluhan lainnya, bisa whatsapp ke CS (Customer Service) Segari aja buat klaim garansi, biar diganti. Menurut aku Customer Service yang bisa via whatsapp ini sepertinya akan sangat menolong sih kalau pas butuh, karena kalau via telpon lumayan makan pulsa.

Menurut aku untuk saat ini Segari menjaga kualitasnya cukup baik. Semua sayur yang aku pesan dari Segari sejauh ini segar semua. Pernah ada pesanan aku yang saat masa pengemasan mereka dianggap tidak memenuhi standar kualitas mereka, dan dibatalkan oleh pihak Segari untuk barang tersebut. Aku langsung diinfokan via whatsapp dan diinfokan kalau uang aku akan dikembalikan dalam bentuk voucher.


Enggak sampai 24 jam dari diinfokan oleh CS, vouchernya udah aku terima, walau sayangnya vouchernya ada masa aktif. Tapi masa aktif ini cukup lama kok, sekitar 1 bulan, yang harusnya sebelum vouchernya expired, aku uda perlu belanja sayur lagi.

6. Opsi bahan makanannya termasuk cukup lengkap
Opsi bahan makanan di Segari termasuk cukup lengkap, ada buah, daging, ikan, dan bahan sembako seperti beras juga ada walau tetap terbatas opsinya. Udah begitu banyak opsi, tapi kenapa aku masi tulis "terbatas opsinya?" Soalnya ada beberapa buah ataupun beras yang mau aku beli tidak ada di Segari. Tapi overall aku tetap puas sama Segari. Soalnya buat sayur dan buahnya sejauh ini segar-segar, dan mereka juga ada buah import seperti peach, persimmon import, dan lainnya.


Aku belum pernah membeli daging, ikan dari Segari karena aku udah langganan di tempat lain (harga oke jadi masih setia di langganan), sehingga untuk kualitas daging dan ikannya Segari aku kurang tahu karena enggak pernah coba. Kalau ada teman-teman yang pernah belanja daging, ikan dari Segari boleh tolong share pengalamannya di kolom komentar ya. 

7. Ada promo referral
Segari ini ada program referral juga loh untuk saat ini. Teman kamu yang pakai referral code kamu bisa dapat hadiah voucher belanja, begitu juga dengan kamu yang referral codenya digunakan bisa dapat hadiah voucher belanja juga. Sama-sama untung deh.


Sayangnya kode referral ini bertujuan dibagikan via whatsapp. Sehingga kalau untuk share kode referall secara publik agak kurang nyaman ya. Jadi kode referall Segari ini lebih cocok buat dibagikan di grup whatsapp atau teman-teman kamu yang udah punya nomor whatsapp kalian aja.

8. Lumayan banyak promo
Rasanya enggak ada ya ibu rumah tangga yang enggak senang dengan promo. Kalau aku perhatikan Segari ini cukup lumayan sering mengadakan promo ya. Baik promo potongan harga produk, gratis produk dengan minimum pembelian, dan promo lainnya yang biasanya diinfokan di instagram Segari.


9. Poduk yang dikemas ada info tanggal pengemasan
Belanja sayur di Segari uniknya ada info tanggal pengemasannya loh. Hal ini menarik sih buat aku, jadi sebagai konsumen aku tau sayurnya benar baru dikemas habis aku pesan enggak ya, semacam lebih ada jaminan kesegaran gitu buat aku.

10. Ada banyak pilihan cara pembayaran
Cara pembayaran di Segari cukup banyak bahkan ada opsi COD (Cash on Delivery / bayar tunai) buat yang lebih suka bayar dengan uang tunai. Mau bayar dengan BCA bank transfer, GoPay, ShopeePay, OVO, dan kartu kredit juga bisa loh! Mengingat sekarang lagi pandemi, aku saranin kalau bisa hindarin pembayaran secara COD, karena lebih meminimalisir kontak.


11. Pengiriman tepat waktu
Nah, ini yang enggak kalah penting menurut aku kalau belanja sayur online, tepat waktu. Aku senang sih sejauh ini belanja di Segari sampainya sesuai rentang waktu perkiraan yang diinfokan. Semoga bisa terus pertahanin tepat waktunya ya.

Overall, aku puas belanja sayur di Segari saat ini. Aku enggak perlu ribet keluar rumah dan tetap bisa dapat sayur segar. Kalau kalian pernah belanja sayur online di mana aja guys? Ada situs belanja sayur online atau bahan makanan lainnya yang kalian mau rekomendasikan ke aku buat aku coba enggak? Ketik di kolom komentar ya biar aku bisa tau rekomendasi kalian. Tentunya yang bisa kirim ke area Tangerang ya biar aku bisa cobain.

Disclaimer: All my opinion above are based on my personal experience.

You May Also Like

8 komentar

  1. Wah asyik juga tuh. Tapi kami yang tinggal di pedesaan belanja apapun di pasar pagi atau pasar sore dan di warung saja. Terima kasih telah berbagi pengalamannya, Mbak. salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyiknya karna cukup simpel dan gratis ongkir, tapi ttap enakan belanja langsung rasanya, kangen ke supermarket atau ke pasar aku, haha. makasih udah berkunjung ke blog aku kak, salam kenal juga ya

      Hapus
  2. Ini menarik banget, Kak 😆. Apalagi di masa pandemi gini kan. Biar kita bisa belanja tanpa keluar rumah, tanpa ada resiko tertular virus di luar sana.

    Tapi sayangnya di daerahku kayaknya belum ada nih layanan belanja sayur online kayak gini. 😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga layanan belanja sayur online segera tersebar di seluruh indo, tak ketinggalan dengan promo gratis ongkirnya ya :')

      Hapus
  3. udah lama banget penasaran belanja sayur dan buah secara online. sekarang udah banyak aplikasi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, jadi makin banyak buat di area jabotabek, hihi. yuk cobain belanja sayur dan buah secara online, kalau ketemu yang bagus info2 ya. hihi.

      Hapus
  4. Wah menarik beb, aku belum pernah coba sih belanja sayur online, selama ini ke pasar dkt rumah trs. tp pernah coba beli telur sama buah di platform sebelah, cuma ga bisa kirim ke bekasi kalau mau freeong, harus kirim ke kntr di jkt, dari kantor rumah males bawanya, berat & ribet hahahha, itu karna promo aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, aku juga suka promo. Segari bisa kirim ke Bekasi beb kalau mau cobain, hihi.

      Hapus