Menilai Kualitas Berlian Kini Tak Cukup dengan 4C

by - Maret 25, 2021

Setiap perhiasan berlian nampaknya bisa memberikan kenangan tersendiri buat pemiliknya. Entah kenangan membeli perhiasan berlian pertama sebagai self - reward, cincin tunangan, cincin pernikahan, hadiah dari orang tersayang, ataupun kenangan lainnya. Bahkan kadang ada juga perhiasan berlian yang diwariskan secara turun temurun dalam keluarga. Hal ini tentunya membuat orang yang mau membeli perhiasan berlian sangat berhati-hati saat memilih, baik dari model perhiasan, ataupun kualitas berlian yang digunakan untuk perhiasan tersebut.


Kualitas berlian biasanya dinilai berdasarkan penilaian 4C. Buat teman-teman yang suka dengan perhiasan berlian mungkin udah kenal dengan 4C yang mencakup Cut (potongan), Color (warna), Clarity (kejernihan), dan Carat (Karat).

Masalahnya, menilai kualitas berlian bedasarkan 4C ini tidaklah mudah. Saat menghadiri acara private soiree Miss Mondial Anniversary, aku sempat mengikuti games menebak kualitas berlian. Dari 9 tebakan, yang aku benar cuman 3! Susah banget menilai kualitas 4C ini terutama untuk orang awam seperti aku.



Untungnya saat ini banyak banget toko perhiasan yang menjual perhiasan berlian bersertifikasi GIA (Geomolical Institute of America) yang diakui di seluruh dunia. Sertifikat GIA ini melampirkan informasi kualitas berlian berdasarkan penilaian 4C secara detail.

Tetapi, ternyata ada penilaian lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan lebih lanjut untuk menentukan kualitas berlian loh selain 4C, yaitu light performance atau performa cahaya berlian tersebut. Semakin bagus kualitas berliannya, maka semakin bagus juga performa cahayanya, dan membuat berlian tampak lebih berkilau.

Menyambut perayaan hari jadinya, Miss Mondial mengeluarkan koleksi perhiasan berlian terbaru mereka, MEC (Mondial Excellent Cut) Ultimate. Koleksi ini merupakan koleksi perhiasan dengan berlian berkualitas yang memiliki performa cahaya lebih unggul daripada berlian pada umumnya. Sesuai dengan tagline-nya, "Love at First Light", koleksi MEC Ultimate ini mampu membuat orang kagum dengan kilauan pertama berliannya. Pas liat langsung koleksi berlian MEC Ultimate ini di gerai Miss Mondial Plaza Indonesia, aku langsung jatuh cinta sama kilauan berliannya dalam sekejap.


Koleksi MEC Ultimate ini merupakan berlian berkualitas yang dinilai melalui 49 parameter dan memperhitungkan unsur performa cahayanya. Melewati tahap seleksi ini membuat berlian dari koleksi MEC Ultimate ini menggunakan berlian dengan kualitas exceptional yang layak dinyatakan sebagai ultimate. Berlian dengan kualitas exceptional ini sangat langka. Menurut info dari general manager Miss Mondial, Ferdy Felano, dari 100 berlian, hanya ada 1 berlian yang layak dinyatakan mempunyai kualitas exceptional. Luar biasa ya. 

Selain sertifikasi GIA, koleksi MEC Ultimate ini mendapat tambahan sertifikat light performance dari Sarine Technology. Sarine merupakan inovator teknologi berlian di dunia dan banyak perusahaan berlian di dunia yang menggunakan teknologi dari Sarine.

Sertifikat light performance dari Sarine Technology ini hadir dalam bentuk fisik dan digital. Sertifikat diigital ini bisa dicek dengan meng-scan QR code yang terdapat di dalam sertifikat fisik. Buat yang mau lebih berhati-hati dalam menyimpan sertifikatnya, bisa langsung simpan hasil report digitalnya ke dalam cloud storage. Sehingga kalau suatu waktu butuh report sertifikatnya atau amit-amit hilang karena terkena bencana alam, enggak perlu kebingungan karena masih ada datanya di cloud storage.


Ada empat parameter yang digunakan untuk mengukur light performance berlian, yaitu:
1. Brilliance - cahaya intens berwarna putih yang berhasil dipantulkan di permukaan berlian.
2. Symetry - pengukuran distribusi cahaya yang berhasil dipantulkan di permukaan berlian.
3. Fire - pendaran spektrum warna cerah seperti pelangi yang terpancar dari dalam berlian yang berhasil dipantulkannya.
4. Sparkle - kerlipan yang terpantul dari berlian ketika ada gerakan. 

Setelah dari tadi bahas kilauan berlian MEC Ultimate yang kualitasnya exceptional, sekarang aku mau share designnya ya. Jadi ada 6 koleksi yang merupakan bagian dari koleksi perhiasan terbaru dari Miss Mondial ini:

1. Celina
Koleksi Celina ini hadir dengan swirl solitaire design yang menggunakan material emas putih. Desain seperti ini tampak simpel, elegant dan tentunya mewah dengan berlian MEC Ultimate kisaran 0.3-0.7 carat. Set Celina ini tersedia dalam bentuk set liontin, anting, dan cicin berlian solitaire. Untuk harganya mulai dari IDR 18.940.000,-


2. Candis
Untuk koleksi Candis, desain perhiasan berliannya seperti desain perhiasan berlian solitaire klasik. Desain seperti ini tentunya bersifat timeless, anggun sepanjang waktu. Menurut aku, tipe koleksi candis yang tampak klasik dan menggunakan berlian MEC Ultimate ini cocok untuk set perhiasan saat seserahan pernikahan.

Koleksi ini terdiri atas liontin, anting, dan cincin dengan material emas putih. Untuk koleksi antingnya dilengkapi dengan dua pilihan, yaitu berbentuk stud dan juga dangling, sehingga bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing pengguna. Koleksi ini bisa didapatkan mulai dari harga IDR 17.210.000,-


3. Tivona
Set Tivona hadir dengan desain illusion setting, yang mampu meningkatkan penampilan perhiasan dengan memberikan ilusi ukuran berlian MEC Ultimate di koleksi ini tampak lebih besar daripada ukuran aslinya. Koleksi ini harganya mulai dari IDR 16.470.000,-


4. Vesta
Koleksi perhiasan ini memiliki dudukan cangkang yang terinspirasi dari huruf M dari kata Mondial. Koleksi Vesta ini memiliki satu berlian yang menjadi pusat perhatian dan dikelilingi oleh beberapa berlian kecil yang meningkatkan kemewahan perhiasan berlian ini. Aku paling suka koleksi Vesta ini karena desainnya simpel, modern, dan elegant banget liatnya. Cincin berlian koleksi Vesta ini manis banget di jari dan cocok banget buat dijadikan opsi cincin tunangan unik dan modern. Koleksi ini ditawarkan dengan harga mulai dari IDR 20.380.000,-




5. Eliora
Set perhiasan yang satu ini hadir dengan desain halo dan dikelilingi dengan beberapa berlian kecil yang tentunya sukses membuat perhisan berlian ini terlihat modern dan sangat mewah. Terdiri dari set perhiasan anting (stud dan dangling), liontin, dan ladies ring bisa dijadikan hadiah unik bagi orang spesial. Koleksi Eliora ini dapat dimiliki dengan kisaran harga mulai dari IDR 23.260.000,-


6. Gracie

Set perhiasan gracie ini menggunakan sentuhan rose gold dengan illusion setting pada berlian utamanya dan ditemani dengan beberapa berlian yang lebih kecil. Untuk koleksi ini terdapat model kalung emas terbaru dan cincin stylish dari Miss Mondial yang menggunakan berlian MEC Ultimate. Untuk harga koleksi ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari IDR 27.740.000,-



Kalau merasa suka dengan desain dari koleksi di atas tapi kurang suka dengan warna emasnya, enggak perlu bingung, tinggal request aja ke pihak Miss Mondialnya karena mereka menerima request custom.

Buat teman-teman yang tertarik melihat langsung koleksi MEC Ultimate ini bisa ke gerai Miss Mondial yang tersebar di Jakarta, Surabaya, dan Medan ya. Atau untuk informasi lebih lanjutnya bisa kunjungi website Miss Mondial di www.mondialjeweler.com/miss-mondial dan akun resmi instagram Miss Mondial @miss_mondial



You May Also Like

5 komentar

  1. design celina cantiiiiik omgg

    BalasHapus
  2. Aku suka bgt design celina yg pertama, cicin polos trs ada permatanya, itu aku banget wen, aku punya cincin kaya gitu juga hihihi etapi bukan berlian, cincin emas putih aja, belum mampu beli berlian seharga 18 juta wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang solitaire yang satu batu gitu yaa.. gapapa jadi wishlist dulu, siapa tau nanti bisa punya bahkan ternyata gak cuman satu. hihi.

      Hapus
  3. Ternyata ada sertifikasi juga ya. Aku naksir yang Eliora deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes ada sertifikasinya buat berlian. yang eliora mewwaaah mempesona ya

      Hapus