Bedanya body gel, body lotion, body milk, body cream, dan body butter

by - Agustus 06, 2020

Tinggal di negara beriklim tropis yang intensitas cahaya mataharinya tinggi membuat kulit aku cepat terasa kering. Ditambah kebiasaan aku yang sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC membuat kulit aku makin butuh menggunakan pelembap supaya kulit tidak terasa kering.

Saat ini banyak jenis pelembap tubuh yang beredar seperti body gel, body lotion, body cream, dan body gel. Semua fungsinya untuk melembapkan dan menutrisi kulit tubuh, tapi ada bedanya enggak sih? Pas aku cari tau lebih lanjut di google, ternyata  semua pelembap ini ada bedanya, dan yang paling membedakan itu teskturnya.

Body Gel - cocok untuk kulit kombinasi dan berminyak

Sesuai namanya, body gel ini memiliki tesktur seperti gel dan mudah diserap oleh kulit. Kalau kamu memiliki kulit berminyak dan memiliki masalah jerawat badan, body gel ini mungkin akan cocok buat kamu karena teksturnya yang ringan.

Body gel bisa diformulasikan dengan water based ataupun acohold based. Kalau kulit kamu termasuk sensitif, mungkin kulit kamu akan lebih cocok dengan yang water based. 


Body Lotion - cocok untuk kulit normal atau sedikit kering

Tekstur body lotion ini memiliki tekstur yang encer dibandingkan dengan body cream dan body butter. Body lotion ini umumnya merupakan campuran air dan minyak, di mana kandungan airnya lebih banyak, sehingga umumnya memiliki tekstur yang ringan, tidak lengket, dan bisa diserap dengan cepat oleh kulit. Karena teksturnya yang ringan, body lotion ini cocok digunakan di saat cuaca panas, dan cocok untuk kulit normal atau sedikit kering.


Body Cream - cocok untuk kulit kering

Body cream mempunyai tekstur yang lebih berat daripada body lotion karena kandungan minyaknya lebih banyak dibandingkan dengan body lotion. Meskipun teskturnya lebih berat dan mungkin terasa agak lengket untuk beberapa orang, tetapi body cream mampu memberikan kelembapan yang lebih lama dibandingkan body lotion, sehingga body cream ini cocok untuk kulit yang kering ataupun digunakan saat cuaca dingin.


Body Milk - cocok untuk kulit normal

Body milk memiliki tekstur yang lebih encer daripada body lotion dan umumnya terasa lebih ringan di kulit. Body milk ini cocok digunakan untuk kulit normal ataupun digunakan saat cuaca panas. 



Body Butter - cocok untuk kulit yang sangat kering atau keriput

Body butter memliliki tekstur yang paling padat di antara body milk, body lotion, body cream, dan body butter. Teksturnya padat seperti butter sesuai namanya dan mampu memberikan kelembapan yang lebih tinggi. Body butter ini cocok untuk kulit yang sangat kering ataupun keriput (di mana kulit keriput biasanya butuh kelembapan lebih tinggi), dan cocok digunakan saat cuaca dingin seperti musim dingin yang memerlukan kelembapan lebih.



Semoga post ini membantu buat teman-teman yang bingung apa bedanya body gel, body lotion, body cream, body milk, dan body butter.

Disclaimer: Semua merek produk yang di foto hanya untuk contoh jenis pelembap ya. Tidak ada niat untuk mempromosikan brand apapun. 

You May Also Like

1 komentar

  1. kulau untuk body aku sukanya pake body butter atau nggak body oil. karena emang kering banget sih kulit badan aku huhuhu 😔

    BalasHapus